- ELO dan Profil Lulusan
ELO |
Nama Mata Kuliah |
Kredit |
Capaian Pembelajaran |
Persyaratan Mata Kuliah |
|
Mata Kuliah Penciri PTKI/ Nasional |
|||
1. Mampu berperilaku baik sesuai ajaran agama Islam, hukum dan norma Negara Indonesia, etika akademik, dan etika pekerjaan sosial
2. Mampu menunjukkan kerja sama dan kepekaan sosial terhadap masyarakat dan lingkungan secara kolektif |
Pancasila |
2 sks |
Mahasiswa menguasai pengetahuan dan pemahaman beragam masalah dasar kehidpuan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang hendak diatas dengan penerepan pemikiran yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45 |
Tidak ada |
Kewarganegaraan |
2 sks |
Mahasiswa mampu menguasi prinsip-prinsip hidup bernegara untuk mengurai berbagai hal terkait dengan kewarganegaraan dan kewarganegaraan, dasar negara, kontitusi dan isu-isu actual tentang ke-Indonesiaan baik dalam tataran lokal maupun internasional. Dengan berragam materi diharapkan mahasiwa dapat memahami kondisi diri, lingkungan, warga, dan negaranya sehingga dapat menempatkan diri dan mewujudkan masyarakat yang damai dalam perbedaan dan hidup dalam kesejahteraan dan keadilan baik di Indonesia maupun dunia. |
Tidak ada |
|
Bahasa Indonesia |
2 sks |
Mahasiswa mampu memiliki ketrampilan menulis karya ilmiah dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar secara efektif dan efisien |
Tidak ada |
|
Mata Kuliah Penciri UIN Sunan Kalijaga |
||||
Bahasa Arab |
2 sks |
Mahasiswa terampil berbahasa Arab yaitu istima’, tata bahasa, membaca dan siap mengikuti tes kemampuan Bahasa Arab (IKLA) |
Tidak ada |
|
Al-Qur'an dan Hadits |
2 sks |
Mahasiswa memiliki dasar pengetahuan mengenai Qur’an/Hadis dan mampu menjadikannya sebagai pedoman perilaku dan dapat mengintergrasikanya dengan keilmuan lain |
Tidak ada |
|
Tauhid |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami ilmu kalam, Keesaan Tuhan dan hubungan manusia dengan Tuhan serta memahami penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
Tidak ada |
|
Akhlak dan Tasawuf |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami budi pekerti yang luhur dalam Islam serta berbagai macam prinsip dan pemikiran sufistik dalam Islam |
Tidak ada |
|
Pengantar Studi Islam |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar ilmu pengetahuan dalam Islam serta metodologi dalam studi Islam |
Tidak ada |
|
Sejarah Kebudayaan Islam dan Budaya Lokal |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami sejarah perkembangan Islam dari jaman nabi sampai Bani Umayah dan Bani Abbasiyah serta budaya lokal |
Tidak ada |
|
Fiqh & Ushul Fiqh |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan kaidah-kaidah pengambilan hukum Islam dan berbagai macam ibadah dan muamalah dari berbagai mazhab |
Tidak ada |
|
Filsafat Ilmu |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami pengertian, objek, ruang lingkup, kajian dan manfaat filsafat ilmu bagi pengembangan kajian ilmu kesejahteraan sosial dan keislaman |
Tidak ada |
|
KKN |
6 sks |
Mahasiwa mampu menghubungkan antara teori dan kasus-kasus di lapangan dan terampil dalam mendampingi masyarakat sesuai dengan kompetensi keilmuan kesejahteraan sosial serta mampu bekerjasama dengan tim dari berbagai macam keilmuan |
Telah menempuh 130 sks |
|
Skripsi |
6 sks |
Mahasiswa mampu membuat laporan akhir sesuai dengan kaidah penulisan yang benar, baik dilihat dari segi EYD maupun metodologi ilmiah serta mampu menganalisisnya sesuai dengan teori-teori kesejahteraan sosial |
Pengantar Metopen Metopen Kualitatif Metopen Kuantitatif |
|
Mata Kuliah Penciri Fakultas |
||||
Sejarah Dakwah |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami sejarah perkembangan Islam, dari jaman nabi sampai sekarang. |
Tidak ada |
|
Quran dan Hadis Dakwah |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami hadis tentang kesejahteraan sosial dan menerapkan nilai hadis kesejahteraan sosial dalam profesinya sebagai pekerja sosial profesional |
Tidak ada |
|
Psikologi Dakwah |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami karakteristik yang harus dimiliki da’i dan umat yang menjadi sasaran dakwah empiris serta mengimplementasikan dakwah dalam proses layanan sosial dan proses layanan sosial menjadi media dakwah |
Tidak ada |
|
Ilmu Dakwah |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami dan mengembangkan dakwah dari dasar normatif, teoritis dan praktis empiris |
Tidak ada |
|
Retorika Dakwah |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar retorika dakwah, menguasai cara-cara berpidato dan mampuuu mengaplikasikan dalam kontek dakawah sesuai dengan kompetensi prodi |
Tidak ada |
|
Mata Kuliah Penciri Prodi |
||||
Kesejahteraan Sosial Sunnah |
2 sks |
Mampu menjelaskan beberapa istilah kunci kesejahteraan sosial dalam Sunnah sebagai alat untuk memahami kesejahteraan dalam Sunnah dengan baik dan benar. |
Tidak ada |
|
Kesejahteraan Sosial Al-Qur’an |
2 sks |
Mahasiswa menguasai prinsip=prinsip normatif kesejahteraan sosial dalam Islam |
Tidak ada |
|
Fiqh Sosial |
2 sks |
Mahasiswa memahami realitas sosial dengan pemahaman fiqih |
Tidak ada |
|
Bahasa Inggris |
2 sks |
Mahasiswa terampil berbahasa Inggris, yaitu tata bahasa, menerjemahkan, membaca dan siap mengikuti tes kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL) |
Tidak ada |
|
Logika |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar nalar argumentatif dari berbagai perspektif |
Tidak ada |
|
Pekerjaan Sosial Multikultural |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami asal-usul perbedaan manusia dari berbagai macam sudut pandang dan bagaimana pekerjaan sosial menangani keragamanan identitas di masyarakat melalui pendekatan yang sensitif budaya dan non-diskriminatif |
Tidak ada |
|
Nilai Etika Pekerjaan Sosial |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami nilai dan etika profesi pekerjaan sosial yang terintegrasi dengan nilai dan etika dalam Islam dan mengaplikasikannya dalam praktik profesi pekerjaan sosial. |
Tidak ada |
|
4. Mampu menerapkan prinsip keadilan sosial dalam analisa masalah sosial berdasarkan ajaran Islam dan hak-hak asasi manusia secara tepat. 5. Mampu menerapkan metode praktik pekerjaan social di level mikro, level messo, dan level makro secara generalis . |
Pengantar Kesejahteraan Sosial |
3 sks |
Memahami secara menyeluruh ruang lingkup kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial, baik sebagai ilmu maupun institusi. |
Tidak ada |
Perilaku Manusia dalam Lingkungan Sosial |
3 sks |
Mahasiswaq mampu memahami teori perkembangangan manusia dan hubungannya dengan lingkungan sosial menggunakan perspektif biopsikososial |
Tidak ada |
|
Teori Kesejahteraan Sosial |
3 sks |
Mahasiswa memahami teori, model dan pendekatan kesejahteraan sosial dan bagaimana aplikasi teori serta mengembangkannya dalam proses intervensi pelayanan pekerjaan sosial di level mikro, mezzo dan makro |
Tidak ada |
|
Psikologi Kesejahteraan Sosial |
3 sks |
Mahasiswa memahami konsep dan implementasi Teori Psikologi Kepribadian, Psikologi Sosial dan bagaimana Paradigma Integrasi-Interkoneksi berbasis Islam memandang teori-teori tersebut. |
Tidak ada |
|
Sosiologi Kesejahteraan Sosial |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami konsep, pemikiran tokoh-tokoh sosiologi, ideologi-ideologi pembangunan dan menganalisis kondisi yang terjadi di Indonesia dalam rangkan pengembangan masyarakat. |
Tidak ada |
|
Kesehatan Mental |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami arti kesehatan mental, hubunganya dengan kesehatan secara holistik, definisi dan contoh prilaku sehat dan tidak sehat (abnormal), gangguan kesehatan mental dan praktek serta peran pekerja sosial dalam isu kesehatan mental. |
Tidak ada |
|
Asesmen Pekerjaan Sosial |
3 sks |
Mahasiswa memahami teori dan teknik asesmen, serta menerapkan asesmen pekerjaan sosial dalam bentuk praktek dan pembuatan laporan asesmen |
Tidak ada |
|
|
Konseling |
3 sks |
Mahasiswa terampil melakukan konseling dalam praktek pekerjaan sosial sesuai dengan standar dan etika profesional |
Tidak ada |
Metode Intervensi Individu & Keluarga |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar Intervensi dengan Individu & Keluarga (casework), manajemen kasus/intervensi casework dan mempraktekkan ketrampilan pekerja sosial dalam intervensi Casework |
Assesmen dalam Pekerjaan Sosial |
|
Psikoterapi |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar psikoterapi dan mempraktekkan pendekatan-pendekatan psikoterapi |
Tidak ada |
|
Metode Intervensi Kelompok |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar intervensi dengan kelompok/groupwork serta mahasiswa mampu mempraktekkan ketrampilan pekerja sosial dalam intervensi kelompok |
Tidak ada |
|
Terapi Kelompok |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar terapi melalui kelompok mempraktekkan ketrampilan pekerja sosial dalam terapi kelompok |
Tidak ada |
|
Metode Peksos Generalis |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami teori dan teknik pekerjaan sosial generalis serta menerapkan teori dan teknik tersebut dalam praktik pekerjaan sosial generalis |
Metode Intervensi Individu dan Keluarga Metode Intervensi Kelompok Metode Intervensi Komunitas |
|
Praktikum Pekerjaan Sosial Mikro |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar dengan praktek pekerjaan sosial dan terampil mempraktekkan ketrampilan pekerja sosial dalam intervensi individu dan keluarga |
Nilai dan Etika Pekerjaan Sosial Perilaku Manusia dalam Lingkungan Sosial Teori Kesejahteraan Sosial Assesment dalam Pekerjaan Sosial Metode Intervensi Individu dan Keluarga Konseling Psikoterapi Kesehatan Mental |
|
Praktikum Pekerjaan Sosial Mezzo |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar dengan praktek pekerjaan sosial dan terampil mempraktekkan ketrampilan pekerja sosial dalam intervensi kelompok |
Nilai dan Etika Pekerjaan Sosial Perilaku Manusia dalam Lingkungan Sosial Teori Kesejahteraan Sosial Assesment dalam Pekerjaan Sosial Metode Intervensi Kelompok Terapi Kelompok |
|
|
Praktikum Pekerjaan Sosial Makro |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar dengan praktek pekerjaan sosial dan terampil mempraktekkan ketrampilan pekerja sosial dalam intervensi komunitas dan organisasi |
Nilai dan Etika Pekerjaan Sosial Perilaku Manusia dalam Lingkungan Sosial Teori Kesejahteraan Sosial Assesment dalam Pekerjaan Sosial Metode Intervensi dengan Komunitas dan organisasi Manajemen Organisasi Pelayanan Kemanusiaan Kebijakan dan Perencanaan Sosial Advokasi Sosial |
Manajemen Organisasi Pelayanan Kemanusiaan |
3 sks |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi dan menganalisa masalah-masalah manajemen organisasi pelayanan kemanusiaan serta mampu membuat sistem manajemen organisasi diwujudkan dalam paper di akhir semester. |
Tidak Ada |
|
Sistem Pelayanan Sosial |
3 sks |
Mahasiswa memahami sistem kebijakan dan perlindungan sosial di Indonesia, skema perlindungan sosial untuk kelompok–kelompok rentan dan institusi penyedia layanan serta tugas pekerja sosial |
Tidak ada |
|
Supervisi Pekerjaan Sosial |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami definisi, arti penting/tujuan, jenis-jenis dan strategi supervisi serta bagaimana menerapkannya dalam praktik pekerjaan sosial profesional |
Tidak ada |
|
|
Gerakan Sosial |
2 sks |
Mahasiswa memahami teori-teori gerakan sosial sehingga dapat menganalisis perkembangan fenomena-fenomena gerakan sosial yang terjadi di tengah masyarakat yang diwujudkan dalam makalah studi kasus gerakan sosial |
Tidak ada |
Perundang-undangan Sosial |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami, menggunakan, dan mengkritisi produk-produk hukum lokal, nasional dan internasional yang terkait dengan isu dan pengembangan kesejahteraan sosial serta mengetahui peran pekerja sosial dalam konteks tersebut |
Tidak ada |
|
Kebijakan & Perencanaan Sosial |
3 sks |
Mahasiswa memahami pengetahuan dan pemahaman tentang kebijakan dan perencanaan sosial dan mampu merumuskan kebijakan sosial serta menyusun perencanaan sosial untuk keperluan kesejahteraan sosial |
Tidak ada |
|
Advokasi Sosial |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami definisi, jenis dan metode advokasi dan bagaimana peran pekerja sosial dalam melakukan perubahan sosial |
Tidak ada |
|
|
Filantropi Islam |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami model-model zakat, infak, shodaqoh dan wakaf serta bentuk-bentuk charity (kedermawanan) lainnya dalam menanggulangi masalah sosial |
Tidak ada |
Kewirausahaan Sosial |
3 sks |
Mahasiwa mampu menguasai prinsip-prinsip berwirausaha dan terampil dalam mengaplikasikannya |
Tidak ada |
|
Metode Intervensi dengan Komunitas & Organisasi |
3 sks |
Mahasiswa mampu memahami hubungan intervensi komunikasi dengan perspektif pembangunan, karakteristik dan tahapan pengembangan masyarakat dan bagaimana peran pekerja sosial dalam intervesi dengan komunitas dan organisasi |
Tidak ada |
|
|
Pengantar Metodologi Penelitian |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar penelitian dan jenis-jenis penelitian serta kegunaannya |
Tidak ada |
Metode Penelitian Kuantitatif |
3 sks |
Mahasiswa mampu menguasai konsep metode kuantitatif yang diaplikasikan dalam pembuatan usulan penelitian serta mampu menyusun laporan penelitian tugas akhir/skripsi menggunakan metode kuantitatif |
Pengantar Metode Penelitian |
|
Metode Penelitian Kualitatif |
3 sks |
Mahasiswa mampu menguasai konsep metode kualititatif yang diaplikasikan dalam pembuatan usulan penelitian serta mampu menyusun laporan penelitian tugas akhir/skripsi menggunakan metode kuanlitatif |
Pengantar Metode Penelitian |
|
|
Mata Kuliah Pilihan Penciri Prodi |
|
||
|
Pekerjaan Sosial Lansia |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami persoalan lansia dan bentuk-bentuk permasalahan sosial yang dihadapi lansia dari perspektif pekerjaan sosial serta mempunyai ketrampilan dalam menganalisa dan melakukan advokasi kasus lansia |
Tidak ada |
|
Perempuan & Gender |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami persoalan gender dan bentuk-bentuk ketidakadilan gender dari perspektif pekerja sosial serta mempunyai ketrampilan dalam menganalisa dan melakukan advokasi kasus-kasus ketimpangan gender |
Tidak ada |
|
Penanggulangan Kemiskinan |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami akar-akar penyebab kemiskinan dari berbagai perspektif dan cara penanggulangannya |
Tidak ada |
|
Pekerjaan Sosial Industri |
2 sks |
Mahasiswa memahami isu-isu kesejahteraan sosial dan industri dan bagaimana melakukan intervensi dalam hubungan buruh, perusahaan, negara, dan masyarakat
|
Tidak ada |
|
Manajemen Bencana |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami dan terampil dalam manajemen bencana mulai mitigasi, pra bencana, tanggap darurat, kegiatan jangka pendek, menengah, dan panjang, rekonstruksi, rehabilitasi, relokasi, trauma healing dan sebagainya |
Tidak ada |
|
Pekerjaan Sosial Koreksional |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar kriminalitas dan strategi intervensi yang tepat terhadap perilaku criminal |
Tidak Ada |
|
Kesejahteraan Sosial Anak & Keluarga |
2 sks |
Mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisa dan merumuskan isu-isu dan masalah-masalah anak dan keluarga dan dapat mengetahui proses perumusan progam kesejahteraan anak dan keluarga. |
Tidak Ada |
|
Pekerjaan Sosial Medis |
2 sks |
Mahasiswa memahami dasar-dasar pekerjaan sosial medis, memahami case management dalam setting institusi layanan medis dan terampil dalam assessment biopsikososial |
Tidak Ada |
|
Pekerjaan Sosial Sekolah |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami masaslah-masalah psikologis dan sosial anak di sekolah dan bagaimana peran pekerja sosial dalam melakukan promosi, edukasi, pendampingan maupun advokasinya. |
Tidak Ada |
|
Pekerjaan Sosial Forensik |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami sistem hukum, studi kriminalitas dan bagaimana peran pekerja sosial dalam menangani masalah criminal. |
Tidak Ada |
|
Manajemen CSR |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar CSR dan peran pekerja sosial dalam manajemen CSR |
Tidak Ada |
|
Pekerjaan Sosial Disabilitas |
2 sks |
Mahasiswa mampu memahami isu disabilitas sebagai permasalahan sosial dan bagaimana peran pekerja sosial dalam menanganai masalah tersebut |
Tidak Ada |