WHAT'S NEW?
Loading...

Catatan Harian AsiaBound (3) Belajar Bahasa Indonesia

(Kamis-Jumat 12-13/11/15)
Setelah mengikuti serangkaian acara penyambutan serta campus tour, para rombongan AsiaBound mengikuti kegiatan kursus bahasa Indonesia tingkat dasar di Pusat Pengembangan Bahasa dan Agama (PPBA) UIN selama dua hari (11-12/11). Selama
Mereka terlihat semangat mempelajari bahasa Indonesia, meskipun mengalami kesulitan dalam melafalkan kata dalam Bahasa Indonesia. Namun, itu bukan penghalang mereka untuk tetap semangat belajar Bahasa Indonesia.
Pelajaran dimulai dengan greeting atau salam, perkenalan, kosa kata, angka, hingga praktik percakapan. Mereka terlihat senang dan menikmati proses pembelajaran ini. Mereka mengaku senang karena tutornya sanga baik dan lucu. Proses belajar berjalan lancar, meskipun sesekali mereka membuka kamus bahasa Indonesia ketika mengerjakan tugas.
“Gurunya sangat lucu dan menyenangkan. Aku senang diajar olehnya. Aku sangat senang bisa belajar bahasa Indonesia meskipun aku sedikit takut tidak bisa berbahasa Indonesia dengan lancar”, ujar Mona Hariri, salah satu peserta AsiaBound.
Mereka dibuat senyaman mungkin selama proses pembelajaran. Beragam permainan dibuat semenarik mungkin agar mereka tidak merasa bosan. Mulai dari perminan ular tangga hingga lempar bola. Namun permainan yang dibuat merupakan bagian dari proses pembelajaran.
Proses belajar serta praktik bahasa Indonesia tidak hanya dipraktikan dalam kelas, melainkan dipraktikan dalam kegiatan serta percakapan sehari-hari antara team Buddies dan para peserta. Proses pembelajaran formal di kelas yang terbilang singkat, bukan menjadi akhir bagi para mahasiswa ini dalam mempelajari bahasa Indonesia melainkan menjadi awal yang baik bagi mereka untuk memperdalam dan praktik bahasa.
Hal ini ditujukkan agar mereka bisa lebih mudah berkomunikasi dengan masyarakat serta mengetahu budaya Indonesia. Karena tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui tentang Indonesia, bukan hanya budaya, melainkan juga bahasa serta mengenal bagaimana masyarakat Indonesia yang terkanal ramah-ramah.
Pertemuan terakhir, mereka diminta untuk menuliskan kesan selama belajar bahasa Indonesia di PBBA. Peserta mengaku senang blajar bahasa Indonesia dan ingin mengajarkan bahasa Indonesia kepada teman-teman mereka ketika kembali ke Australia.