WHAT'S NEW?
Loading...

Prof. Mc Donald dan Dr. Iwu Dwisetyani dari ANU Sajikan Hasil Penelitian tentang Kemiskinan

Prof. Peter McDonald sedang menyajika hasil risetnya.
Kamis, 8 Oktober 2015, bertempat di Teatrikal Dakwah, Prodi IKS menyelenggarakan Kuliah Umum Semester Gasal Tahun Akademik 2015-2016 dengan tema ‘Kemiskinan Pemuda dan Perilaku Berisiko Kaum Muda’. Acara yang dimulai tepat pukul 13.30 ini menghadirkan Professor Peter McDonald dan Dr. Iwu Dwisetyani Utomo dari Australian National University (ANU) Canberra. Keduanya memaparkan hasil riset longitudinal terkait kemiskinan pemuda dan perilaku beresiko mereka yang mendorong kemiskinan di wilayah Jakarta dari tahun 2010 – 2014.

Kuliah Umum ini menjadi bagian dari kerjasama internasional antara Prodi IKS dengan ANU yang sedang memiliki  kegiatan penelitian tentang lansia di Gunungkidul dan Kebumen dengan melibatkan 25 enumerator dari mahasiswa Prodi IKS.

Sebelum presentasi narasumber dimulai, ada sambutan yang diberikan oleh Pak Latiful Khuluk, Ph.D selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik mewakili Dekan Fakultas Dakwah & Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, dilanjutkan dengan sambutan menggunakan oleh Ketua Prodi IKS, Bapak Arif Maftuhin, M.Ag. Kedua sambutan disajikan dalam Bahasa Inggris untuk menghormati narasumber dari ANU.

Dimoderatori oleh Ibu Andayani, MSW, Prof. Peter McDonald menyajikan temuan menarik dari studi longitudinal yang ia lakukan terhadap lebih dari 1500 responden kaum muda miskin di Jakarta. Dalam rentang waktu tiga tahun penelitian itu ditemukan bahwa anak-anak muda yang berpendidikan SMA mengalami perubahan taraf hidup yang signifikan sementara yang berpendidikan SMP ke bawah mengalami stagnasi atau malah penurunan taraf kehidupan. "Poverty may be transfered among generations, but the key to break its cycle is education," paparnya.


Acara yang diikuti oleh Angkatan 2014 dan 2015 ini menjadi semakin meriah dengan penampilan Ganita Ajeng Ayunda dan Novika Suryani yang melantunkan lagu-lagu menghibur peserta dengan suara emasnya.

Kegiatan kuliah umum ini berakhir pada pukul 15.30 dan diakhiri dengan penyerahan cenderamata kepada kedua narasumber oleh Ibu Andayani selaku Sekprodi IKS mewakili institusi prodi IKS, kemudian sesi ditutup dengan foto bersama narasumber dengan mahasiswa dan dosen.