Kurikulum IKS 2013



Saat ini Prodi IKS menggunakan kurikulum 2013. Ini adalah kurikulum kedua yang digunakan Prodi IKS sejak berdiri tahun 2009. Kurikulum 2013 mengacu kepada kurikulum berbasis kompetensi (KBK).

Dalam kurikulum ini, Prodi IKS sudah mengikuti kurikulum inti yang ditetapkan oleh IPPSI (Ikatan Pendidikan Pekerjaan/Kesejahteraan Sosial) yang ditetapkan oleh IPPSI pada tahun 2010 di Jember. Kurikulum IPPSI mewajibkan anggotanya untuk mengadopsi 20 mata kuliah. Prodi IKS telah mengadopsi semua 20 matakuliah tersebut sehingga lulusan Prodi IKS memiliki kompetensi pekerjaan sosial yang setara dengan prodi-prodi kesejahteraan sosial di universitas lain.

Di samping itu, dalam kurikulum ini, Prodi IKS juga menekankan kekhasan yang tidak ditemui di prodi kesejahteraan sosial lain di Indonesia. Kekhasan itu didasarkan pada pengintegrasian antara ilmu-ilmu keislaman dan ilmu-ilmu umum. Beberapa matakuliah khas Prodi IKS misalnya adalah filantropi Islam, Fikih Sosial, dan Kesejahteraan Sosial menurut al-Qur'an dan Sunnah.

***