Workshop Praktikum Pekerja Sosial

Dalam rangka meningkatkan layanan dan kualitas Praktikum Pekerja Sosial, Prodi IKS UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan workshop sehari tentang PPS IKS pada tanggal 19 Agustus kemarin. Workshop yang dihadiri oleh pantitia PPS, surpervisor kampus, dan alumni IKS ini membahas berbagai topik terkait PPS.
Acara diawali dengan sesi sharing dari Bu Abidah Muflihati yang barus saja mengikuti seri workshop supervisor yang diselengarakan oleh Save The Children. Bu Abidah berbagi ilmju tentang kualifikasi supervisor, tugas supervisor, dan hal-hal penting yang perlu dilakukan supervisor agar mencapai kerja yang maksimal.
Sesi kedua diisi oleh Bu Andayani yang mengajak peserta untuk mendiskusikan lagi capaian kompetensi PPS 1, PPS 2, dan PPS 3. Diskusi cukup berkembang karena desain intervensi yang dibuat prodi kadang tidak sesuai dengan kondisi dan agenda kegiatan lembaga. Menanggapi hal ini Bu Andayani menyarankan agar supervisor lebih fokus pada pencapaian kompetensinya, bukan pada bentuk programnya.
Acara ditutup dengan evaluasi lokasi PPS untuk mengidentifikasi lokasi mana yang masik layak dipakai, lokasi yang perlu ditinggalkan, dan potensi lokasi baru sebagai gantinya.