Sosialisasi Program Akademik untuk Wali Mahasiswa Baru 2015

Senin (31/8/015),sekitar dua ratus lebih orang tua/wali mahasiswa baru 2015 menghadiri “Sosialisasi Program Akademik untuk Wali”. Acara dihelat di Ruang Teatrikal Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Kalijaga, mempertemukan pimpinan FDK, pengelola prodi, dan wali mahasiswa.

Sosialisasi ini diharapkan bisa mendekatkan orang tua/wali mahasiswa dengan pihak Fakultas dalam bersama membimbing mahasiswa agar bisa menyesuaikan diri dengan suasana di kampus, belajar dengan nyaman dan lancar, aktif, menghindari hal-hal yang tidak perlu, dan dapat selesai kuliah tepat waktu.

Dekan FDK Dr. Nurjannah, M.Si. beserta jajaran dekanat bergantian menjelaskan mengenai permasalahan-permasalahan yang diutarakan wali mahasiswa. Pertanyaan tersebut antara lain seputar beasiswa, bidik misi, pergaulan mahasiswa, tata krama, sopan santun, organisasi, perkuliahan di UIN Sunan Kalijaga, administrasi, serta informasi akademik lainnya.

Setelah pertemuan di teatrikal, wali mahasiswa dibagi per prodi dan bertemu dengan pengelola prodi masing-masing. Untuk Prodi IKS, ada sekitar 50 wali yang hadir dan ditemui langsung oleh Ketua Prodi IKS di Ruang Kuliah 307. Ketua Prodi IKS menjelaskan berbagai hal terkait status prodi IKS, kompetensi mahasiswa IKS, jaringan yang dimiliki, hingga prospek alumni IKS.

Ketua Prodi IKS mengharapkan partisipasi dan kerjasama penuh para wali mahasiswa karena kesuksesan kuliah tidak hanya bisa digantungkan kepada prodi. Para wali diminta ikut aktif memantau anak-anak mereka dan Prodi IKS akan siapa melayani komunikasi 24 jam per hari bila diperlukan.

Dalam sesi tanya jawab, topik semisal biaya kuliah, hari kuliah, libur, dan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan ditanyakan oleh para wali mahasiswa. Acara ditutup tepat pukul 13.00.