Penyelenggaraan OPAK 2015

Rektor UIN Sunan Kalijaga melalui Surat Keputusan no. 148 tahun 2015 menetapkan tata cara penyelenggaraan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) bagi mahasiswa baru 2015.

Dalam surat yang ditetapkan tanggal 10 Agustus 2015 tersebut, menyebutkan secara rinci apa dan bagaimana OPAK diselenggarakan. Selengkapnya adalah sbb:

Menetapkan Penyelenggaraan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) UIN Sunan Kalijaga sebagai berikut:

OPAK diselenggarakan tiga hari yaitu 20,21,22 Agustus 2015.
OPAK dibuka oleh Pimpinan Perguruan Tinggi pada tanggal 20 Agustus 2015 dan ditutup tanggal 22 Agustus 2015 pada acara malam penutupan/inagurasi.
Logo yang digunakan OPAK adalah logo resmi UIN Sunan Kalijaga.
OPAK bukan perploncoan, apabila ditemukan praktek tersebut maka kegiatan OPAK akan dihentikan.
OPAK dilaksanakan oleh Panitia yang diangkat oleh Rektor untuk tingkat Universitas dan Dekan untuk tingkat Fakultas.
Materi OPAK terdiri dari:
kompetensi pengenalan Universitas yang terdiri dari materi profil UIN Sunan Kalijaga, tata tertib mahasiswa, keislaman dan keindonesiaan, kewarganegaraan, strategi pengembangan mahasiswa.
kompetensi pengenalan fakultas yang terdiri dari materi profil fakultas dan jurusan/prodi, lomba olahraga, seni dan ilmiah.
kompetensi pengenalan kemahasiswaan dengan materi good governance dan sosialisasi UKM
Jadwal OPAK disusun oleh Panitia OPAK Universitas dan dipaparkan dalam rapat Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama untuk diputuskan menjadi jadwal resmi OPAK.
Panitia OPAK dilarang membuat kegiatan di luar jadwal OPAK yang telah diputuskan dalam rapat tersebut.
UIN Sunan Kalijaga tidak bertanggungjawab baik secara hukum maupun akibat yang ditimbulkan terhadap kegiatan yang dilaksanakan di luar kegiatan OPAK yang tercantum dalam diktum pertama (seperti yang disebut di ketentuan diatas).
Sementara itu, dalam edaran yang dikeluarkan WR bidang kemahasiswaan dan kerjasama, dalam penyenggaraan OPAK, mahasiswa baru sama sekali tidak dipungut biaya.