Ceramah Disabilitas dan Akses Ibadah di Sonora FM

Kaprodi IKS di Stodio Sonora FM
Hari ini (11/7/2015), Ketua Prodi IKS UIN Sunan Kalijaga, Arif Maftuhin, mendapatkan giliran untuk mengisi acara Dialog Ramadan (Diorama) yang disiarkan secara bersama oleh Sonora FM dan Eltira FM Yogyakarta. Tema yang diangkat adalah disabilitas dan aksesibilitas ibadah bagi difabel.

Dalam siaran berdurasi 60 menit tersebut, Arif berbicara tentang pentingnya kesadaran para pengelola masjid untuk mulai memikirkan jamaah mereka yang tak lagi bisa ke masjid atau menikmati ibadah di masjid karena faktor disabilitas. Para pengguna kursi roda tidak bisa masuk dan salat bersama jamaah lain, para tunenetra tidak mendapatkan akses yang aman bagi mobilitas mereka, dan para tunarungu yang tidak bisa mendengarkan khutbah.

Aksesibilitas adalah hak ibadah, melampaui pengertian ibadah sebagai kewajiban. Ketika iabdah dipandang sebagai kewajiban, tentu saja merek ayang sakit dan difabel mendapatkan berbagai keringanan; tetapi ketika ibadah adalah hak, maka sudah semestinya pihak-pihakl terkait untuk memenuhinya.

Rekaman lengkap cermah ini dapat diikuti di video di bawah.